Minggu, 27 Februari 2011

Kebijakan Perekonomian


Nama  : Maruto Pratama Putra
NPM    : 24210249
Kelas    : 1EB12
Kebijakan Perekonomian
            Kebijakan Perekonomian adalah langkah-langkah yang diambil pemerintah untuk mengatasi masalah-masalah perekonomian.
Untuk mengatasi masalah perekonomian di Indonesia, pemerintah menerapkan beberapa kebijakan sebagai berikut.
1.      Meningkatkan investasi di Indonesia, baik yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri.  Meningkatnya investasi, khususnya investasi padat modal dapat semakin memperluas lapangan pekerjaan sehingga dapat mengurangi angka pengangguran.
2.      Penerapan program-program pengentasan kemiskinan, seperti Inpres Desa Tertinggal (IDT) dan progran transmigrasi.  Selain itu, pemerintah juga pernah melakukan program Jaring Pengaman Sosial (JPS) dan pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT).
3.      Pembangunan proyek-proyek padat karya yang banyak menyerap tenaga kerja dan program Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk mengatasi masalah pengangguran.
4.      Penerapan kebijakan moneter dan fiskal yang bersifat kontraktif untuk mengontrol jumlah uang yang beredar, sehingga tingkat inflasi berada pada level yang ditargetkan.
5.      Meningkatkan penerimaa pemerintah, seperti dari pajak dan ekspor untuk mengatasi defisit anggaran.  Pemerintah juga telah melakukan percepatan pelunasan pembayaran utang kepada IMF untuk mengurangi bebeab utang negara.
6.      Menerapkan good corporate governance untuk sistem perbankan di Indonesia agar terciptanya sistem perbankan dan sistem moneter yang sehat dan stabil.
7.      Melakukan penelitian dan pengembangan untuk mencari sumber energi alternatif sebagai pengganti BBM.  Misalnya, pengembangan bahan bakar gas dan biomassa.
Daftar Pustaka:
 S, Alam.2007. Ekonomi 1. Jakarta: Penerbit Esis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar