Minggu, 17 April 2011

Pengangguran


Nama   : Maruto Pratama Putra
NPM   : 24210249
Kelas   : 1EB12

Pengertian Pengangguran
            Pengangguran adalah orang yang tidak mempunyai pekerjaan, sedang mencari pekerjaan, atau sedang mempersiapkan suatu usaha baru.
Jenis Pengangguran dan Penyebabnya
            Pengangguran dapat dikelompokkan menurut faktor penyebab terjadinya dan menurut lama waktu kerjanya.
a.       Jenis pengangguran menurut faktor penyebab terjadinya:
1.       Pengangguran konjungtur/siklis adalah pengangguran yang berkaitan dengan turunnya kegiatan perekonomian suatu negara.
2.      Pengangguran struktural adalah pengangguran yang terjadi karena perubahan struktur atau perubahan komposisi perekonomian.
3.      Pengangguran friksional adalah pengangguran yang terjadi karena kesulitan temporer dalam mempertemukan pemberi kerja dan pelamar kerja.
4.      Pengangguran musiman adalah pengangguran yang terjadi karena pergantian musim.
b.      Jenis pengangguran menurut lama waktu kerja:
1.      Pengangguran terbuka adalah situasi dimana orang sama sekali tidak bekerja dan berusaha mencari pekerjaan.
2.      Setengah menganggur adalah situasi dimana orang bekerja, tapi tenaganya kurang termanfaatkan diukur dari curahan jam kerja, produktivitas kerja, dan penghasilan yang diperoleh.
3.      Pengangguran terselubung terjadi  karena tenaga kerja tidak bekerja secara optimal.
Dampak Pengangguran Terhadap Pembangunan Nasional
1.      Pendapatan nasional dan pendapatan per kapita
Upah merupakan salah satu komponen dalam perhitungan pendapatan nasional.  Apabila tingkat pengangguran semakin tinggi, maka nilai komponen upah akan semakin kecil.  Dengan demikian, nilai pendapatan nasional dan pendapatan per kapita pun akan semakin kecil.
2.      Penerimaan negara
Salah satu sumber penerimaan negara adalah pajak, khususnya pajak penghasilan.  Pajak penghasilan diwajibkan bagi orang-orang yang memiliki pekerjaan.  Apabila tingkat pengangguran meningkat, maka jumlah orang yang membayar pajak penghasilan berkurang.  Akibatnya penerimaan negara pun berkurang.
3.      Beban psikologis
Semakin lama seseorang menganggur, semakin besar beban psikologis yang harus ditanggung.  Secara psikologis, orang yang menganggur mempunyai persaan tertekan, sehingga berpengaruh terhadap berbagai perilakunya dalam kehidupan sehari-hari.
4.      Biaya sosial
Dengan semakin besarnya jumlah penganggur, semakin besar biaya sosial yang dikeluarkan.
Cara-cara mengatasi pengangguran
1.      Peningkatan daya beli masyarakat, daya beli masyarakat dapat meningkat apabila mereka mendapat tambahan penghasilan.
2.      Pengadaan pendidikan dan pelatihan sebagai persiapan untuk berkarier pada pekerjaan yang baru, memindahkan tenaga kerja dari tempat yang tidak membutuhkan ke tempat yang membutuhkan, meningkatkan mobilitas tenaga kerja dan modal yang ada, dan mendirikan industri yang bersifat padat karya, sehingga mampu menampung tenaga kerja yang menganggur.
3.      Mengusahakan informasi yang lengkap tentang permintaan dan penawaran tenaga kerja, sehingga proses pelamaran , seleksi, dan pengambilan keputusan menerima atau tidak berlangsung lebih cepat.
Daftar Pustaka:
  S, Alam.2007. Ekonomi 2. Jakarta: Penerbit Esis




Tidak ada komentar:

Posting Komentar